Tanya dan Jawab mengenai Penyakit menular seksual (infeksi menular seksual)

jenis-jenis-keputihanSebelum tertular penyakit ini, alangkah baiknya, mulai mempelajari cara melindungi diri dari ketularan penyakit menular dari seksual. Karena diketahui telah banyak jumah orang yang telah terjangkit PMS. Ada  baiknya sebelum semua ini terjadi, pelajari cara melindungi diri dari pertanyaan yang sering dialami, untuk kesehatan diri sendiri.

Asal penyakit menular seksual (PMS)

PMS adalah penyakit yang  ditular akibat dari melakukan hubungan seks dan merupakan penyakit menular yang paling umum di Amerika Serikat. Adanya penyakit yang  didapatkan dengan  hubungan seksual (vaginal, oral, atau anal) dengan seseorang yang  telah terjangkit  PMS. PMS disebabkan oleh berbagai jenis bakteri dan virus. Ada lebih dari 25 PMS yang mempengaruhi baik pria maupun wanita.

Beberapa PMS dapat diobati dan disembuhkan  dengan tuntas  sepenuhnya, PMS lainnya tidak dapat disembuhkan; gejala hanya dapat dikelola. PMS  mempengaruhi kesehatan fisik dan kesehatan emosional.  Adanya PMS sedikit  saja menempatkan hidup  dalam bahaya, terutama jika  tidak dirawat.

Apakah PMS bisa diketahui ?

Satu-satunya cara untuk tahu adalah  melalui pemeriksaan.Tahap  awal mungkin ada gejala yang tidak begitu jelas dan terkadang juga bisa diduga.. Pada waktu  gejala muncul, infeksi telah menyebar luas  masuk kedalam tubuh. . Bila tidak diadakan pengobatan dari awal ,maka bisa menyebar ke rahim menyebabkan masalah  seperti infertilitas (tidak dapat hamil). Beberapa PMS juga  ditularkan kepada bayi selama kehamilan  saat kelahiran bayi.

Bila tertular PMS dari pasangan.  Apa yang harus saya lakukan?

ada masalah dan perkiraan terkena PMS, ada baiknya memberitahu pasangan agar bisa diadakan perawatan bersama, sampai PMS disembuhkan dan tidak menyebar keorang lain .

Apa benar kondom, bisa melindungi dari PMS?

Ya dan tidak. Kondom memberi yang baik, tetapi tidak sempurna, perlindungan terhadap beberapa penyakit menular seksual, terutama gonore, klamidia, HIV, dan trikomoniasis. Tapi kondom tidak memberikan perlindungan yang lengkap terhadap semua PMS. Beberapa PMS seperti herpes, HPV (kutil) dan sifilis masih dapat menular melalui kontak dengan daerah yang tidak diliputi oleh kondom.

Hal paling penting yang  harus diketahui tentang PMS

Ada lima hal penting yang harus diketahui tentang PMS

Jika  tidak berhubungan seks (vagina, oral atau anal) atau kontak seksual intim,  tidak akan tertular PMS.

PMS menyebar pada wanita dan pria dari segala usia dan ras / etnis latar belakang. Remaja dan dewasa muda  lebih mudah tertular PMS  daripada orang tua.

Remaja semakin rawan terjangki PMS. Meskipun tidak banyak remaja melakukan hubungan seks, beberapa orang muda menjadi aktif secara seksual pada usia dini dan mempunyai berganti-ganti pasangan. Dalam hal ini dapat membuat lebih mudah untuk menularkan PMS.

Adanya PMS, tidak terlihat  gejala dan  ini bisa menyebar ke orang lain. PMS tidak memiliki gejala pada tahap awal. Ketika  timbul gejala,  bisa tampak seperti gejala masalah lain yang tidak PMS, seperti sakit perut.  Mengapa sangat penting untuk  diadakan pemeriksaan.

Penting untuk diingat bahwa, setelah pengobatan sembuh. Hubungan seks yang tidak sehat bisa menyebabkan PMS kembali. Terutama bila tidak mengunakan komdom pada pasangan diluar nikah.

Bagaimana bila telah terjangkit PMS ?

Daftar penyakit menular seksual dan gejala yang sering ada paling umum :

Periksa segera ke dokter jika adanya sakit perut atau vagina (cairan) yang berwarna kuning, abu-abu atau hijau dengan bau yang menyegat. Bila keadaan normal adanya cairan bening atau keputihan atau keluar cairan yang berasal dari vagina.

Apakah ada Pemeriksaan untuk penyakit menular seksual?

Ada sejumlah Pemeriksaan untuk PMS. Dan satu-satunya cara untuk mengetahui jika dokter telah memeriksa cairan yang diambil untuk pemeriksaan dan gejala yang dicurigai.PMS menyebabkan kemandulan (tidak bisa hamil)  dan bisa menyerang  lainnya, bahkan sebelum tahu bahwa terinfeksi. Seorang dokter dapat mengobati  dan membantu  cara tentang pilihan yang sehat dan bagaimana melindungi diri sendiri di masa depan.

Kadang-kadang orang terlalu takut atau malu untuk meminta informasi atau bantuan. Namun perlu diingat bahwa PMS mudah untuk diobati. Dan pengobatan dini sangat penting. Jika telah terkena PMS, semakin cepat  diperiksa  dan diobati, semakin kecil kemungkinan PMS akan menyebabkan kerusakan parah pada diri kita.