Apa itu menstruasi?

memperlancar-menstruasiMenstruasi – artinya mulai mengalami haid – adalah bagian dari siklus reproduksi wanita yang dimulai ketika wanita menginjak dewasa secara seksual pada saat masuk pubertas.

Selama periode menstruasi, seorang wanita mengeluarkan darah dari rahimnya (rahim) melalui vagina. Ini berlangsung selama dari tiga sampai tujuh hari. Setiap bulan dimulai kira-kira setiap 28 hari jika wanita tidak hamil selama mengalami siklus.

Mengapa ada menstruasi?

Menstruasi adalah proses yang secara alami pada wanita yang terjadinya pertumbuhan hormon yang berbeda dari , organ intim wanita itu dan otak.

Organ seks seorang wanita terdiri dari dua indung telur, saluran telur, uterus (rahim) dan vagina. Ovarium berisi telur guna pembuahan pada rahim. Pada setiap haid dan bualanan., telur tunggal biasanya akan matang dan dewasa karena produk hormon yang beredar dalam aliran darah.

Ketika telur matang itu diruntuhkan dari ovarium dan mengalir melalui saluran telur ke dalam rahim. Lapisan uterus dan, endometrium telah menjadi tebal oleh produk hormon dan siap untuk menerima telur yang dibuahi.

Bila sel telur dibuahi maka setiap wanita menjadi hamil, dan melekat kedinding endometrium. Jika telur tidak dibuahi,maka akanmengalami haid, karena runtuhnya dinding endomtrium yang menebal,menyebabkan terjadinya menstruasi.

Pengeluaran menstruasi terdiri dari endometrium itu sendiri, bersama-sama dengan darah segar yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah yang sangat halus dalam endometrium karena melepaskan diri dari bagian dalam rahim.

Jumlah darah yang hilang karena periode bulanan normal biasanya kurang dari 80ml.

Kapan menstruasi ?

Anak perempuan mulai mengalami menstruasi ketika berada sekitar 10 sampai 14 tahun. Usia rata-rata adalah sekitar 12. Wanita akan terus mengalami menstruasi hingga usia 45 sampai 55, Sampai saat memasuki usia menopause. Seorang wanita akan mengalami sekitar 500 periode dalam hidupnya.

 Bila ovulasi dipastikan?

Ovulasi biasanya terjadi sekitar 14 hari setelah hari pertama dimulainya periode, namun waktu yang tepat sangat bervariasi dari wanita dan wanita lain. Beberapa wanita tahu ketika sedang berovulasi karena bisa merasakan sedikit sakit di perut bagian bawah. Wanita lain mungkin sedikit berdarah di tengah siklus.

Keputihan juga berubah pada ovulasi. Hal ini meningkatkan dalam jumlah dan menjadi lebih berair karena perubahan hormonal. Ini adalah salah satu cara bahwa wanita yang ingin mempraktekkan keluarga berencana alami (NFP) dengan menggunakan tes lendir dapat mengetahui apakah aman untuk melakukan hubungan seks atau tidak.

Wanita yang tidak mengalami gejala seperti selama ovulasi dapat mengetahui ketika sedang berovulasi dengan mengambil suhu tubuh. Hal ini akan naik sebesar 0,5 derajat Celcius ketika ovulasi terjadi. Untuk mengukur suhu secara efektif, harus diambil pada waktu yang sama setiap pagi sebelum turun dari tempat tidur.

Suhu badan yang diambil dari berbagai bagian tubuh seperti mulut, di bawah lengan, di telinga atau di dalam rektum semua akan memberikan pengukuran yang sedikit berbeda. Untuk alasan ini, penting untuk memilih satu lokasi dan menentukan daerah yang pasti.. Saat memeriksa suhu, kenaikan dapat terjadi karena berbagai alasan dan, karenanya, tidak boleh digunakan sebagai satu-satunya metode untuk mendeteksi ovulasi.

Pengaruh pada menstruasi

Seperti dijelaskan di atas, menstruasi adalah proses yang sangat kompleks yang melibatkan hormon yang berbeda, organ seksual dan sistem saraf.

Pertama peranan penting dari hormon yang mengatur menstruasi. Jika hormone tidak seimbang, siklus juga akan terpengaruh. Jika periode seorang wanita yang sangat tidak teratur, ia dapat meminta dokter untuk mengukur hormon dalam darah untuk mengetahui apakah hormonnya tidak seimbang. Ini akan memberikan indikasi jelas , apakah ada masalah hormonal. Apa dalam keadaan  ’normal’ karena banyak variasi yang berhubungan dengan hormon wanita, tes darah bukan merupakan ukuran yang sangat baik dari apa yang dapat dianggap ketidakseimbangan jauh lebih nyata dalam siklus wanita.

Besar juga Pengaruhi keseimbangan hormon pada menstruasi. Jika seorang wanita kurus, hormonnya akan kurang berkembang dengan benar dan periode nya mungkin berhenti sama sekali. Penelitian terakhir menunjukkan bahwa obesitas dapat menpengaruhi hormon tidak seimbang dan membuat lebih sulit bagi perempuan untuk hamil. Stres juga mempengaruhi hormon. Banyak wanita menemukan bahwa jika ada masa yang menguatirkan tentang sesuatu, itu dapat mempengaruhi menstruasi. Dalam beberapa kasus, periode wanita benar-benar bisa berhenti jika dia sangat khawatir tentang apakah dia hamil.

Olahraga teratur dan tetap fit dan sehat dapat membantu mengatur siklus menstruasi. Di sisi lain, berolahraga terlalu banyak dan terlalu menekankan tubuh dapat terjadi efek negatif terhadap hormon berhentinya menstruasi.

Berbagai gejala menstruasi

Tingkat ketidaknyamanan yang dialami selama menstruasi bervariasi dari wanita dengan wanita. Beberapa tidak pernah terganggu oleh periode , sedangkan yang lain , sangat terpengaruh oleh gejala yang tidak menyenangkan.

 Ini termasuk:

  • Nyeri di perut
  • Nyeri pada vagina
  • Merasa tidak sehat mual
  • Diare
  • Berkeringat
  • Kelelahan

Hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan gejala

Ada beberapa hal yang meringankan rasa tidak nyaman:

  • Saat menstruasi, tidaki minum minuman berkafein seperti kopi, teh, cola atau kakao.
  • Menghindari stres. Relaksasi dan pijat.
  • Berolahraga.
  • Menjaga perut  dengan menhangatkan.
  • Menggunakan obat penghilang rasa sakit.

Apa penyebab menstruasi yang menyakitkan?

  • Kontraksi rahim yang sama dengan yang dirasakan saat melahirkan disebabkan oleh hormon prostaglandin.
  • Rasa sakit dapat disebabkan latasi serviks ketika darah dan jaringan yang mengalir dari dalam rahim.
  • Rasa sakit dapat disebabkan oleh infeksi sebelumnya atau radang rahim, atau tumor jinak di dalam rahim.

Dalam beberapa kasus, periode yang menyakitkan adalah keturunan. Jika seorang wanita memiliki periode yang menyakitkan, putrinya kemudian dapat dipengaruhi dengan cara yang sama.

  • Mengapa periode menstruasi beberapa perempuan berhenti sama sekali (amenorea)?
  • Periode dapat berhenti untuk beberapa alasan. Yang paling umum adalah:
  • Kehamilan.
  • Prematur menopause ( berusia awal dua puluhan).
  • Penurunan berat badan.
  • Beberapa bentuk pengobatan termasuk pil kontrasepsi atau suntikan.
  • Penyalahgunaan narkoba.
  • Stres.
  • Ketidakseimbangan hormonal seperti kelenjar tiroid kurang aktif atau kelebihan produksi hormon yang disebut prolaktin.
  • Suatu kondisi yang disebut ovarium polikistik adalah penyebab umum menstruasi yang tidak teratur atau tidak ada.

Pengobatan yang disarankan akan tergantung pada diagnosis. Jika tidak yakin tentang mengapa menstruasi berhenti, Penting mencari nasihat dari dokter Anda. Investigasi biasanya melibatkan tes darah untuk mengukur kadar berbagai hormon dalam tubuh Anda.

Tidak teratur, jarang terjadi periode (oligomenorrhoea)

Periode sering atau sedikit dan jarang normal ketika seorang wanita muda mulai mengalami haid, dan juga saat seorang wanita menjelang menopause. Ini normal karena mereka tidak memproduksi telur setiap bulan.

Banyak wanita mengalami satu atau dua periode tidak teratur setiap enam bulan. Hal ini tidak biasanya disebabkan oleh kondisi kelainan, namun, banyak wanita mencari kepastian dari GP atau dokter kandungan.

Penyebab paling umum dari periode jarang adalah suatu kondisi yang disebut ovarium polikistik. Ini adalah kondisi umum yang mempengaruhi sebanyak 10 persen perempuan, di mana sejumlah besar kista sangat kecil (kurang dari 1 cm) pada ovarium muncul berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon.

Kondisi ini dalam ovulasi yang tidak teratur dan dengan demikian periode biasanya jarang terjadi. Diagnosis ovarium polikistik dibuat berdasarkan satu atau lebih tes darah untuk mengukur hormon, sebuah panggul USG dari ovarium sering diambil sebagai tes tambahan.

Pengobatan hanya diperlukan jika ada kekhawatiran tentang ketidakteraturan periode atau jika seorang wanita mengalami kesulitan hamil.